Posted by: Yohanes Ferdinand | March 15, 2010

Tumor Laring


Mengenai tumor laring, kemarin saya mendapatkan tugas untuk mempresentasikan masalah tumor laring. Menurut literatur yang saya baca (buku THT BOIES), klasifikasi untuk tumor laring hanya dibagi menjadi 2 yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Sedangkan untuk tumor jinak, hanya disebutkan langsung contoh-contoh tumor jinak, di antaranya vokal nodulus, ulkus kontak, poliposis korda vokalis difus, papiloma, kondroma, keratosis laring (leukoplakia).

Saat saya bimbingan dan akan mencoba mempresentasikan topik tumor laring dengan salah satu spesialis THT di RSHS, saya langsung distop oleh beliau, dan beliau langsung menanyakan kepada saya, ada berapa pembagian tumor jinak. Tentu saja saya bingung, sebab dari buku yang saya baca tersebut untuk tumor jinak laring sendiri tidak ada pembagiannya sendiri dan hanya langsung diberikan contoh-contoh tumor jinak laring. Setelah itu beliau menjelaskan bahwa tumor jinak laring dibagi menjadi 3 bagian, yaitu tumor supraglotis, glotis dan subglotis. Tetapi tetap saja saya bingung, karena beliau menanyakan yang mana saja yang termasuk tumor supraglotis, yang mana yang termasuk glotis dan subglotis. Karena tidak bisa menjawab, saya dan teman saya yang bertugas mempresentasikan topik tumor laring tersebut akhirnya diberi waktu setengah jam untuk mencari tahu mengenai pembagian atau klasifikasi tumor jinak laring tersebut. Sekali lagi tetap saja kami bingung dan tidak mendapat hasil dari pencarian mengenai klasifikasi tersebut, bahkan saya sudah menanyakan hal tersebut kepada om saya yang paling pintar sedunia yaitu om google, dan hasilnyapun nihil, om google sedikit sekali memberikan informasi mengenai hal tersebut. Akhirnya pembimbing saya itu meminta kami untuk mempresentasikan kembali mengenai tumor laring karena dianggap tidak memuaskan.

Untuk teman-teman sejawat, teman koas dari Universitas manapun, untuk spesialis THT yang kebetulan membaca blog saya ini dan paham betul tentang masalah saya ini dimohon untuk memberikan saya pencerahan. Lebih baik lagi kalau teman-teman sekalian bisa memberikan contoh kasusnya, misalnya teman-teman pernah mendapatkan kasus tumor laring di RS manapun, alangkah baiknya jika disharing pengalamannya di sini. Untuk pengalamannya, ditunggu ya di kotak komentar.


Responses

  1. sama gan, gw juga dapet kasus tumor laring buat dipresentasi dan ampe skarang, gw msh bingung papiloma itu masuk supraglorik, glotik ato subglotik… berattt…


Leave a Reply

Categories

