Posted by: Yohanes Ferdinand | April 3, 2010

Gagal Ginjal Akut


Contoh Kasus :

Seorang anak berusia 6 tahun datang dengan keluhan buang air kecil kurang. Ia mempunyai riwayat diare dan muntah-muntah 3 hari yang lalu. Ayahnya kemudian mempuasakan anak ini dari makan dan minum. Hari ini anaknya minum air lebih dari 7 L, tetapi urinnya tetap sedikit. Diagnosis keadaan ini adalah :

Jawaban :

  1. gagal ginjal akut
  2. gagal ginjal kronik
  3. gagal ginjal akut on kronik
  4. glomerulonefritis akut
  5. glomerulonefritis kronis

Alasan :

Keluhan utama pasien ini adalah buang air kecil yang sedikit walaupun minum banyak, keluhan terjadi hanya dalam waktu beberapa hari. Hal ini mengarahkan bahwa proses yang terjadi adalah proses akut, dan dalam kasus ini adalah gagal ginjal akut.

Gagal ginjal akut adalah penurunan secara signifikan dan mendadak pada laju filtrasi glomerulus (LFG) atau fungsi tubulus. namun secara umum lebih dihubungkan dengan penurunan LFG, sehingga produk sisa (ureum, kreatinin, fosfat, dll) serta air tidak dapat diekskresikan dengan baik.

Gagal ginjal akut dibagi ke dalam 2 tipe, yaitu :

  1. Tipe oligourik : jika urin output < 1cc/kgBB/jam (neonatus dan bayi), serta <0,5cc/kgBB/jam untuk usia lain.
  2. Tipe non-oligourik : jika urin output masih dalam batas normal, namun terjadi kegagalan dalam pengeluaran produk sisa metabolisme.

Pada kasus ini pasien sempat mengalami diare dan muntah selama 3 hari, ditambah ayahnya yang mempuasakan dirinya. Sangat mungkin pasien mengalami dehidrasi berat yang termasuk salah satu penyebab terjadinya gagal ginjal akut (tipe pre-renal).

Tambahan :

Diagnosis gagal ginjal akut juga dapat ditegakkan bila dilakukan pemeriksaan laboratorium kreatinin serum. Jika pada pasien didapatkan peningkatan kadar kreatinin >0,5 mg/dl dalam beberapa jam atau beberapa hari (kadar kreatinin awal <2,5 mg/dl). Sedangkan jika terjadi peningkatan kadar kreatinin >20% pada pasien dengan kadar kreatinin awal >2,5 mg/dl, maka diagnosisnya adalah gagal ginjal akut on kronik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: