Posted by: Yohanes Ferdinand | October 30, 2010

Nyeri Sendi (Artritis)


Seorang pria mengeluh kaku sendi jari tangan yang dirasakan setiap pagi atau siang, dan sudah berlangsung 3 minggu setiap hari. Keluhan disertai nyeri saat dipaksa untuk ditekuk dan gerakannya tidak mulus (patah-patah). Kira-kira apa diagnosisnya ya?

Artritis adalah proses peradangan (inflamasi) yang terjadi pada persendian. Ada banyak jenis artritis, namun yang paling umum terjadi ada 3, yaitu osteoartritis (OA), rematoid artritis (RA), dan gouty artritis (GA).

1. Osteoartritis (OA), merupakan jenis artritis yang bersifat degeneratif artinya berjalan sesuai dengan bertambahnya umur, yang mengakibatkan kerusakan pada tulang rawan sendi, yang berkembangnya secara lambat.

2. Rematoid Artritis (RA), merupakan jenis artritis yang terjadi karena suatu proses autoimun, yang biasanya bersifat simetris pada persendian yang terkena.

3. Gouty Artritis (GA), merupakan jenis artritis yang bersifat menahun (kronis) dan ditandai dengan serangan nyeri yang tiba-tiba dan berulang.

Dari ketiga jenis artritis tersebut terdapat persamaan dan perbedaan yang harus kita ketahui untuk mengetahui mana yang merupakan jenis artritis yang kita derita, karena nyeri sendi sering sekali dikeluhkan oleh orang-orang.

Persamaan : Sesuai dengan namanya yaitu artritis yang merupakan suatu proses peradangan, maka semua jenis artritis ini DAPAT menunjukan gejala bengkak, kemerahan, panas pada sendi. Namun yang paling sering ditemukan adalah gejala nyeri pada sendi.

Perbedaan :

  • Lokasi
  1. OA : sendi-sendi besar (yang menanggung beban/berat badan kita), contohnya lutut, tulang belakang, panggul.
  2. RA : biasanya sendi-sendi kecil (dan biasanya ≥ 1 sendi), contohnya sendi jari tangan/kaki, pergelangan tangan/kaki, siku, lutut.
  3. GA : sendi yang terserang pada GA biasanya tidak spesifik, namun biasanya pada sendi kaki, dan apabila keluhan terletak pada sendi pangkal ibu jari kaki biasanya meningkatkan kemungkinan terjadinya GA.
  • Epidemiologi :
  1. OA : biasanya terjadi pada pasien gemuk, atau orang dengan aktivitas atau olah raga berat seperti pendaki gunung. Wanita dan umur yang lebih dari 50 tahun juga biasanya terkena OA.
  2. RA : bisa terjadi pada semua umur, namun paling sering umur 20-50 tahun.
  3. GA : faktor keturunan memegang peranan penting, biasanya ada riwayat keluarga dengan keluhan yang sama. Pasien juga biasanya memiliki kebiasaan makan makanan dengan kandungan purin yang tinggi, contohnya jeroan.
  • Gejala (paling penting mengetahui kapan biasanya nyeri terjadi) :
  1. OA : waktu nyeri biasanya saat dipakai berjalan/aktivitas lain, bisa pagi, siang, atau malam hari. Biasanya nyeri akan membaik bila diistirahatkan.
  2. RA : biasanya nyeri sendi terjadi pada pagi hari. Nyeri berlangsung lebih dari 1 jam dan berangsur-angsur sembuh. Ada gejala tambahan yang biasanya meningkatkan kecurigaan RA, yaitu bila adanya kaku sendi, disamping nyeri sendi itu sendiri, serta adanya tonjolan-tonjolan. Pasien juga dapat mengalami gejala sistemik seperti demam, lemah, atau nafsu makan yang menurun. Bila didiamkan atau berlangsung secara kronis maka dapat terjadi suatu deformitas atau perubahan bentuk pada tangan atau jari.
  3. GA : biasanya nyeri sendi terjadi malam hari atau menjelang pagi hari. Nyeri pada GA bersifat sangat nyeri dan semakin nyeri dengan sedikit saja pergerakan. Nyeri mencapai puncaknya dalam 24 jam, dan hilang spontan dalam waktu 14 hari.

Dari penjelasan mengenai ketiga jenis artritis di atas bila dihubungkan dengan contoh kasus, maka kasus tersebut lebih condong ke RA, karena nyeri dirasakan pagi hari atau sampai siang hari, kemudian ada gejala kaku sendi yang meningkatkan kemungkinan RA.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: