Posted by: Yohanes Ferdinand | October 30, 2010

Reaksi vaksin BCG


Menarik dengan cerita teman, bahwa anaknya yang berusia 3 minggu dan sudah seminggu lamanya sejak disuntik vaksin BCG, namun tidak meninggalkan tanda apapun di lokasi bekas suntikan dan dia menanyakan mengapa hal itu bisa terjadi dan apakah hal tersebut normal..

Vaksin BCG merupakan suatu attenuated vaccine yang mengandung kultur strain Mycobacterium bovis dan digunakan sebagai agen imunisasi aktif terhadap TBC dan telah digunakan sejak tahun 1921. Vaksinasi BCG ini tidak mencegah infeksi TBC namun mengurangi risiko TBC berat seperti meningitis TBC dan TBC milier. Pemberian vaksin ini diberikan untuk balita yang berusia kurang dari 2 bulan.

Berkaitan dengan cerita teman tersebut di atas :

Penyuntikan vaksin BCG akan menimbulkan bisul pada 3 minggu setelah penyuntikan dan kemudian pecah, sembuh dalam waktu 2-3 bulan dan meninggalkan jaringan parut bulat sekitar 4-8 mm. Kejadian ini tidak perlu pengobatan khusus, jika bisul pecah dan berair, orang tua dapat mengompresnya dengan cairan antiseptic bila cairan bertambah banyak, dan luka bertambah besar, konsultasikan ke dokter.

Jika melihat dari kejadian di atas, ada 2 cara melihat keberhasilan penyuntikan vaksin BCG, yang pertama adalah yang bisa dilihat langsung sesaat setelah disuntikan, yaitu adanya kulit yang melendung. Yang kedua adalah 2 bulan setelah penyuntikan, yaitu lendungan yang terjadi pada saat disuntikan lama-lama akan pecah, mengering, dan akan menjadi bentol kecil.

Jadi, meskipun anak tersebut tidak meninggalkan bekas apapun, hal itu masih belum bisa menyimpulkan bahwa penyuntikan vaksin BCG telah gagal, karena baru seminggu setelah disuntik.

Untuk tambahan, bila anak sudah berusia lebih dari 2 bulan tapi belum divaksin BCG sebaiknya dilakukan tes mantoux dulu untuk melihat apakah anak sudah terinfeksi oleh kuman TB. Bila hasil tes menunjukkan hasil negatif baru bisa dilakukan vaksin BCG.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: