Posted by: Yohanes Ferdinand | February 23, 2011

Campak Jerman


Ada saudara yang bertanya mengenai campak jerman, which is gw tau atau pernah denger campak jerman tapi gw lupa yang mana antara rubella ato rubeola. Akhirnya mau ga mau konsul lagi ke om gw si google, nasib gw punya memori kecil, jadi lupa mulu..
Sebelum kita ngomongin tentang campak jerman, mari kita liat secara umum dulu. Campak jerman sama ga sih sama campak biasa?apa bedanya?kenapa namanya jerman?apa pertama kali ditemukan di jerman? Itu pertanyaan yang langsung terlintas di kepala begitu ditanyain tentang campak jerman. Kalau untuk pengobatannya sih gw yakin cuma istirahat aja sama simtomatik, soalnya kan virus biasanya self-limited disease..
Setelah baca sedikit, ternyata nama german itu ga ada hubungannya dengan negara german, melainkan berasal dari bahasa latin yang artinya “mirip dengan”. Jadi campak jerman (rubella) adalah penyakit yang mirip dengan penyakit campak (rubeola), disebut juga “campak 3 hari”. Kalau memang hanya mirip, pasti ada perbedaannya bukan?

Perbedaan gejala di antara keduanya secara umum adalah :
1. Biasanya anak yang menderita campak (measles) kondisi sakitnya lebih berat ketimbang pada yang menderita campak jerman (rubella), biasanya anak sampai tergolek lemah di atas ranjang. Beda halnya pada campak jerman (rubella) dimana terkadang satu-satunya hal yang menjadi alasan si ibu membawa anaknya ke dokter adalah kecemasan akan adanya bercak-bercak merah pada badan di anak yang terus meluas. Si anak sendiri kondisinya masih relatif aktif beraktivitas, batuk-pileknya ringan dan sedikit demam saja. Namun, bila campak jerman menyerang orand dewasa, gejalanya akan cukup berat yaitu batuk-pilek yang lebih nyata, diare, demam, badan meriang serta menggigil, tulang linu-linu semua, sakit kepala berat, serta poliartritis (sendi-sendi kecil bengkak dan meradang)
2. Campak (measles) umumnya memiliki batuk dan pilek yang berat, mata merah dan berair, demamnya tinggi bahkan bisa memicu kejang demam pada anak usia lebih kecil, diare. Biasanya campak sering menyerupai gejala common cold atau flu biasa yaitu batuk-batuk kering disertai pilek, bersin-bersin, hidung mampet serta badan agak panas. Namun yang perlu diperhatikan adalah pada campak ada 1 lagi gejala prodromal selain batuk dan pilek (cough and coryza) tersebut, yaitu mata si anak merah dan berair (conjunctivitis) sehingga ia lebih memilih memejamkan mata atau berada di ruang yang tidak silau (fotofobia). Berbeda dengan campak, pada campak jerman (rubella) si anak nyaris tidak memiliki gejala awal (prodromal). Kalaupun ada biasanya berupa batuk-pilek ringan tanpa disertai mata merah maupun demam yang mencolok. Maka dari itu biasanya gejala yang membawa pasien campak jerman adalah hanya bercak-bercak merah pada badan di anak yang terus meluas.
3. Bercak-bercak merah pada campak dan campak jerman munculnya dimulai dari belakang kepala di sekitar batas rambut dan leher, lalu perlahan tapi pasti mulai menyebar ke muka, leher, dada, punggung hingga akhirnya mencapai telapak tangan dan kaki. Namun untuk campak biasa, proses dari munculnya bercak hingga hilang umumnya berlangsung antara 4-7 hari. Pada fase pemulihan bercak-bercak tersebut akan mulai mengering, mengelupas dan meninggalkan warna kelam pada kulit untuk sementara. Sedangkan bercak-bercak pada campak jerman (rubella) menyebar dengan jauh lebih cepat dan proses dari pertama muncul hingga hilangnya bercak tersebut adalah 3 hari sehingga dikenal pula penamaan three-day measles sebagai sebutan lain untuk campak jerman. Yang khas juga, saat bercak-bercak telah mencapai kaki umumnya bercak-bercak di sekitar wajah dan leher mulai hilang. Pada fase penyembuhan, bekas bercak-bercak ini hanya mengelupas ringan dan jarang menimbulkan bekas kelam pada kulit.

Tidak ada obat khusus untuk campak Jerman. Namun pencegahan bisa dilakukan dengan di imunisasi rutin pada masa kanak-kanak. Vaksin MMR diberikan pada usia 12-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: